Penyakit dan Tips Menjaga Rambut dan Kulit Kepala


Hey mamen, kali ini saya akan menginformasikan tentang mahkota kaum hawa yaitu rambut, apa saja penyakit –penyakit rambut dan kulit kepala serta bagaimana menjaga keindahan rambut kita. Okeh langsung saja disimak ya kawan :)


Kelainan pada kulit kepala dan rambut :
Kebotakan (alopesia) adalah hilangnya sebagian atau seluruh rambut.
Sejalan dengan pertambahan usia, pada pria dan wanita akan terjadi penurunan kepadatan rambut. Pria memiliki pola kebotakan khusus yang berhubungan dengan hormon testosteron. Jika seorang pria tidak menghasilkan testosteron (akibat kelainan genetik atau dikebiri), maka dia tidak akan memiliki pola kebotakan tersebut. Wanita juga memiliki pola kebotakan yang khusus.


Alopesia paling sering terjadi pada kulit kepala, biasanya terjadi secara bertahap dan bisa seluruh kulit kepala kehilangan rambutnya (alopesia totalis) atau hanya berupa bercak-bercak di kulit kepala. Sekitar 25 persen pria mulai mengalami kebotakan pada usia 30 tahun dan sekitar duapertiga pria menjadi botak pada usia 60 tahun. Rata-rata kulit kepala mengandung 100.000 helai rambut dan setiap harinya, rata-rata sebanyak 100 helai rambut hilang dari kepala. Setiap helai rambut berumur 4,5 tahun, dengan pertumbuhan sekitar 1 cm/bulan. Biasanya pada tahun ke 5 rambut akan rontok dan dalam waktu 6 bulan akan diganti oleh rambut yang baru.
Penyebab
-  Keturunan
-  Penuaan
-  Perubahan hormon
-  Demam
-  Keadaan kulit lokal
-  Penyakit sistemik
-  Obat-obat tertentu, misalnya yang digunakan untuk mengobati kanker atau vitamin A yang berlebihan
-  Pemakaian sampo dan pengering rambut yang berlebihan
-  Stres emosional atau stres fisik
-  Perilaku cemas (kebiasaan menarik-narik rambut atau menggaruk-garuk kulit kepala)
-  Luka bakar
-  Terapi penyinaran
-  Tinea kapitis
-  Trikotilomania.
Gejala
Kebotakan Pola Pria

Kebotakan pola pria adalah suatu pola khusus dari kebotakan pada pria, yang disebabkan oleh perubahan hormon dan faktor keturunan. Kebotakan terjadi karena adanya penciutan akar rambut yang menghasilkan rambut yang lebih pendek dan lebih halus. Hasil akhir dari keadaan ini adalah akar rambut yang sangat kecil, yang tidak memiliki rambut.
Kebotakan pola pria dimulai pada garis rambut; secara bertahap, garis rambut mundur membentuk huruf M. Rambut menjadi lebih halus dan tidak tumbuh sepanjang sebelumnya. Rambut di ubun-ubun juga mulai menipis dan pada akhirnya ujung atas dari garis rambut yang berbentuk M bertemu dengan ubun-ubun yang menipis, membentuk kebotakan yang menyerupai tapal kuda.
Kebotakan Pola Wanita
Kebotakan pola wanita adalah kehilangan rambut pada wanita akibat perubahan hormon, penuaan dan faktor keturunan.  Kebotakan terjadi karena adanya kegagalan pertumbuhan rambut yang baru. Penyebab dari kegagalan tersebut belum sepenuhnya dimengerti, tetapi diduga berhubungan dengan faktor keturunan, penuaan dan kadar hormon androgen. Pola kebotakan pada wanita berbeda dengan kebotakan pada pria. Rambut di garis rambut (dahi) tetap, sedangkan rambut di bagian kepala lainnya menipis.
Kebotakan pada wanita juga bisa disebabkan oleh:
- kerontokan rambut yang bersifat sementara (effluvium telogen)
- kerusakan rambut akibat penataan rambut, pengeritingan atau penarikan rambut
- alopesia areata
- obat-obatan
- penyakit kulit tertentu.
Alopesia Toksika
Alopesia toksika atau alopesia karena keracunan bisa terjadi akibat:  – Penyakit berat yang disertai demam tinggi.
- Dosis yang berlebihan dari beberapa obat (terutama talium, vitamin A dan retinoid)
- Obat kanker
- Kelenjar tiroid atau kelenjar hipofisa yang kurang aktif
- Kehamilan.
Kerontokan rambut bisa terjadi selama 3-4 bulan setelah penyakit atau keadaan lainnya. Biasanya kerontokan bersifat sementara dan rambut akan tumbuh kembali.
Alopesia Areata
Alopesia areata adalah suatu keadaan dimana secara tiba-tiba terjadi kerontokan rambut di daerah tertentu, biasanya pada kulit kepala atau janggut. Pada alopesia universalis terjadi kerontokan pada semua rambut tubuh; sedangkan pada alopesia totalis terjadi kebotakan total pada rambut kepala.
Trikotilomania
Trikotilomania adalah hilangnya rambut sebagai akibat dari dorongan yang kuat untuk menarik-narik rambut. Hilangnya rambut bisa membentuk suatu bercak bundar atau tersebar di kulit kepala. Trikotilomania merupakan suatu perilaku kompulsif, yang mungkin berasal dari adanya stres emosional maupun stres fisik.
Alopesia karena jaringan parut.
Kebotakan terjadi di daerah jaringan parut. Jaringan parut mungkin berasal dari luka bakar, cedera berat atau terapi penyinaran.
Penyebab lain dari alopesia karena jaringan parut adalah:
- lupus eritematosus
- liken planus
- infeksi bakteri atau jamur yang bersifat menetap
- sarkoidosis
- tuberkulosis
- kanker kulit.
Diagnosa
Menentukan jenis kebotakan secara sederhana hanya melalui pengamatan terkadang sulit, karena itu dilakukan biopsi kulit untuk membantu menegakkan diagnosisnya. Dengan biopsi bisa diketahui keadaan dari akar rambut sehingga bisa ditentukan penyebab dari kebotakan.
Pengobatan
Kehilangan rambut karena penyakit, terapi penyinaran atau pemakaian obat, tidak memerlukan pengobatan khusus. Jika penyakitnya membaik atau jika pengobatan dihentikan, biasanya rambut akan kembali tumbuh. Selama rambut masih dalam pertumbuhan, penderita bisa menggunakan rambut palsu, topi atau penutup kepala lainnya.
Pencegahan
Tips berikut ini dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan dapat meminimalkan rambut rontok:
1. Makan makanan yang bergizi seimbang.
2. Tangani rambut Anda dengan lembut. Bila mungkin, biarkan rambut Anda kering secara alami.
3. Hindari gaya rambut yang ketat, seperti kepang, disanggul atau ekor kuda.
4. Hindari memuntir, menggosok atau menarik rambut Anda.
5. Periksa dengan ahli perawatan rambut tentang gaya rambut atau teknik yang dapat membantu mengurangi efek botak.
6. Obat minoxidil mendorong pertumbuhan rambut baru dan mencegah kerontokan rambut lebih lanjut pada beberapa orang. Produk pertumbuhan rambut OTC lain tidak terbukti memiliki manfaat.

Dan ada pun tips menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut :
Tips kali ini yaitu Menjaga Kesehatan Rambut Dan Kulit Kepala, saya yakin semua orang baik itu perempuan ataupun laki-laki pengen sekali agar rambut dan kulit kepalanya sehat, segar dan kalau dipandang kelihatan sehat. berikut ini Tips Menjaga Kesehatan Rambut Dan Kulit Kepala :
  1. Diet Ketat Pertumbuhan rambut juga tergantung pada diet yang kita lakukan. Diet terlalu ketat bisa mengakibatkan rambut rontok yang disebabkan oleh kekurangan zat besi penyebab anemia. Rambut bisa kehilangan zat besi akibat diet, padahal zat besi ini bisa kita dapatkan dari daging, telur, sereal, gandum dan kacang-kacangan. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C yang berfungsi dalam penyerapan zat besi. 
  2. Menggunting Rambut Model rambut pendek akan lebih memudahkan kita menjaga kebersihan kulit kepala. Menggunting rambut secara teratur tidak akan membuat rambut kita lebih cepat tumbuh. 
  3. Yang Membuat Rambut Rusak Meskipun kulit kepala kita cukup kuat dan bisa bertahan pada perlakuan keras, toh ia akan rusak juga akibat terlalu banyak penggunaan bahan kimia, pewarnaan dan pijatan. Ketahanan rambut setiap orang terhadap penggunaan bahan kimia pada kosmetik rambut berbeda-beda. Umumnya kulit kepala mengalami alergi akibatpewarnaan yang berakibat radang dan pembengkakan. Untuk menghindari hal ini, sebelum dipakai cobalah dulu pada rambut.
Tips bagi yang berjilbab :
1. Hindari penggunaan lapisan kerudung terlalu sering dan kencang. Selain rambut menjadi sulit bernafas, hal ini bisa membuat kulit kepala lembab. Jika hendak menggunakan jilbab lebih baik rambut diurai atau jangan diikat terlalu kencang. Agar rambut tak perlu digulung, sebaiknya panjang rambut jangan melebihi 60 cm.
2. Pilih Jilbab dari bahan berpori-pori besar, seperti katun atau kaos. Ini sangat berguna untuk memudahkan sirkulasi udara di kepala. Boleh saja mengkreasi model hingga berlapis-lapis, tapi jangan lebih dari empat helai. Makin tebal jilbab yang Anda pakai, makin sulit rambut bernafas.
3. Hindari Jilbab warna gelap karena mudah menyerap sinar matahari. Jika aktivitas Anda sering di bawah sinar matahari, pilih warna lembut atau putih.
4. Jangan pula terlalu sering mengikat jilbab di bagian leher. Lebih baik dilepas hingga bagian tepinya menjuntai agar rambut mudah bernafas.

Ya sobat, itu lah tips kali ini yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar